Fakultas Pertanian UNITRI
Jl. Telaga Warna, Tlogomas
Mon-Sat: 08:00 - 15:00
21 Apr 2022

Lomba Inovasi & Teknologi Fakultas Pertanian

Malang Raya merupakan Kawasan yang potensial untuk mendukung terwujudnya Agropolitan dengan segala sumberdaya pertanian dan peternakan yang melimpah. Kegiatan ini merupakan Program Kemitraan Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi dengan sekolah SMA/SMK sederajat guna meningkatkan Tridharma Perguruan Tinggi. Lomba Inovasi dan Teknologi Fakultas Pertanian memiliki peluang bagi seluruh peserta untuk mempublikasikan hasil produk dan riset dalam bidang pertanian dan peternakan. Faktor penyebab menurunnya minat kaum milenial , guna mengembangkan potensi pertanian dan peternakan khususnya di Kawasan Malang raya, selain itu dapat mendorong siswa siswi SMK untuk lebih berperan aktif dalam pengembangan inovasi dan teknologi dalam Bidang Pertanian dan Peternakan, serta memberikan kesempatan Beasiswa Pendidikan Tinggi bagi lulusan SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan kompetensi di bidang pertanian dan peternakan.

Keterangan lebih lanjut silahkan akses pada link berikut : https://s.id/inotech

Flyer :

Download Flyer : download

12 Mar 2022

Lowongan : PT. Formika Himalaya Propertindo

Nama Perusahaan

: PT. Formika Himalaya Propertindo

Posisi

: Arsitek

Kantor

: PT. Formika Himalaya Propertindo

Jl. Pelabuhan Ketapang, No. 32

Bakalan Krajan, Sukun, Kota Malang

Tanggal Terbit

: 11-03-2022

Batas Pengiriman

:

Jumlah Posisi

:

Persyaratan

:
  • Laki-laki maksimal usia 30 tahun
  • Lulusan Arsitek / Teknik Sipil
  • Bisa membuat gambar kerja + menghitung estimasi
  • Berpengalaman lebih diutamakan. Fresh graduate dipersilahkan
  • Pekerja keras, ulet dan jujur

Keterangan

: Pendaftaran :
Bagi calon peserta yang memenuhi kualifikasi diatas silahkan mengirimkan lamaran melalui :

Email : [email protected]

Subjek : Posisi_Nama

04 Jan 2022

TERIMA KUNJUNGAN LSP PGI, FAKULTAS PERTANIAN UNITRI RENCANAKAN PENDIRIAN TUK

Malang- Fakultas Pertanian (FP) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang mendapatkan kunjungan dari LSP Pertanian Indonesia Gemilang (LSP-PGI) pada Senin (03/01). Kunjungan tersebut dalam rangka diskusi perencanaan pendirian Tempat Ujian Kompetensi (TUK) di UNITRI.

Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Pertanian UNITRI, Dr. Ir. Amir Hamzah., MP.

“Jadi kita mendapat kunjungan dari LSP-PGI yang menggandeng beberapa unit institusi termasuk UNITRI untuk pendirian TUK.” ungkapnya.

Melihat aturan yang berlaku sekarang ini bahwa semua industri hanya akan menerima karyawan yang sudah memiliki sertifikat kompetensi dan juga mengingat selama ini mahasiswa Fakultas Pertanian sendiri melakukan Uji Kompetensi di luar, sehingga hal itu menjadi alasan utama dalam rencana pendirian TUK.

“Kami berdiskusi Panjang lebar tentang  syarat pendirian TUK. Memang target kita adalah fakultas pertanian paling tidak tahun 2022 sudah punya tempat uji kompetensi, karena selama ini untuk uji mahasiswa untuk mendapatkan sertifikat uji kompetensi itu kan keluar” ungkapnya lagi

Selain itu, dengan adanya TUK ini, juga akan menambah pemasukan bagi Fakultas sendiri, karena Fakultas tidak hanya membuka TUK untuk internal saja melainkan menerima dari external juga.

“Kalau kita mendirikan TUKnya itu adalah TUK level 4, kita bisa menerima dari mana saja  untuk melakukan uji kompetensi disini. Kalau level satu itu kita hanya bisa terima yang di dalam internal saja. Kalau selama ini mahasiswa kita banyak sementara kita mengujikan ke tempat lain, secara finansial karena itu dibayar, tapi kalau misalkan kita ujian disini paling tidak kita bisa ada pemasukan” tambahnya.

Menurut Amir, pendirian TUK sendiri belum bisa dipastikan waktunya kapan, tetapi akan direalisasikan dalam 6 bulan kedepan, saat ini Fakultas tengah mempersiapkan syarat-syarat pendirian TUK.

“Kami belum mengambil keputusan. Kami adakan simulasi dulu, untuk pendirian TUK memiliki beberapa syarat, salah satunya yaitu harus mempunyai minimal 2 assesor kemudian mempunyai 2 trailer. Nah itu kita belum punya, harapan saya nanti untuk dilakukan training. Saya kira itu nanti di fasilitasi oleh mereka” tutupnya.(HUMAS)

 

 

04 Jan 2022

FAKULTAS PERTANIAN GANDENG PERUSAHAAN STARTUP DALAM KERJASAMA

Malang- Masih dalam rangka Implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Fakultas Pertanian (FP) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang Kembali menggandeng salah satu perusahaan di bidang Startup digital yakni PT. Rise Lanskap Hortikultura-Jawa Timur. Karenanya, Tepat pada Jumat (31/12) lalu, Fakultas Pertanian UNITRI melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT. Rise Lanskap Hortikultura-Jawa Timur.

Dekan Fakultas Pertanian UNITRI, Dr. Ir. Amir Hamzah., MP menyampaikan bahwa Kerjasama ini sangat bagus bagi peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa, terlebih di era teknologi saat ini. Hal ini juga sesuai dengan program MBKM yang akan dilaksanakan Fakultas Pertanian UNITRI.

“Kerjasama ini dalam rangka MBKM. Kami melihat mereka mempunyai beberapa program smart farming yang memang sangat bagus dan memang kita belum miliki. Ada  juga pembicaraan terkait bagaimana mahasiswa kita nanti akan kita hubungkan ke sana untuk belajar langsung.”

Dengan adanya kerjasama ini, Fakultas Pertanian berharap, mahasiswa dapat belajar lebih baik dan bersemangat. Terlebih di era teknologi saat ini, mahasiswa diharapkan juga dapat belajar menggunakan alat-alat cangguh di bidang pertanian untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

“Harapannya mereka nanti bisa belajar bagaimana menggunakan teknologi informasi misalnya alat yang bisa mendeteksi tanaman-tanaman lansekap dan ini tidak hanya berlaku untuk teman-teman di lansekap tapi di semua jurusan.”

Kerjasama yang berlangsung selama 5 tahun tersebut, akan dimulai pada saat mahasiswa melakukan magang berikutnya. Selain itu juga, Fakultas Pertanian berencana akan mengundang pihak mitra untuk menjadi dosen tamu di UNITRI dengan harapan dari program studi lain lain juga bisa belajar disana dan dapat menambah kompetensi lain bagi mahasiswa. (HUMAS)

22 Dec 2021

FAKULTAS PERTANIAN LAKUKAN MoU DENGAN GAPOKTAN BEJI, KKN-T IMPLEMENTASI MBKM SIAP TERJUN LAPANGAN

Malang – Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) menandatangani MoU dengan Gapoktan Beji Makmur Kota Batu dalam rangka menindaklanjuti hasil Focus Group Discussion (FGD) dan Program Afirmasi. Penandatanganan dilakukan pada Sabtu (20/12) sekaligus penyerahan mahasiswa program studi Arsitektur Lanskap, Agroteknologi, dan Agribisnis yang akan melaksanakan program KKN-T di Gapoktan Beji Makmur Kota Batu selama 6 bulan.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Program Afirmasi 2021, Rizki Alfian, S.Sarl., M.Si

“Kegiatan KKN-T melibatkan 3 prodi yang mana terdiri atas prodi Arsitektur Lanskap, Agroteknologi dan Agribisnis. Setiap prodi memiliki tema masing-masing atau sub tema pada kegiatan itu diantaranya seperti prodi Arsitektur Lanskap membuat perencanaan kawasan pertanian terpadu, prodi Agroteknologi lebih kepada budidaya terkait pertanian indoor, dan terakhir prodi Agribisnis mendampingi dalam pembuatan bisnis plan” ungkapnya

Kegiatan KKN-T akan difokuskan pada pengelolaan lahan seluas 7 hektar dengan pendampingan dari 10 Kelompok Tani (POKTAN)  yang dimiliki di Gapoktan Beji Makmur Kota Batu sesuai sub tema dan program kerja masing-masing program studi. Dalam kegiatan tersebut, Program Studi Arsitektur Langkap mengirimkan 5 mahasiswa yang berfokus pada perencanaan kawasan pertanian terpadu, Program Studi Agroteknologi mengirimkan 5 mahasiswa yang berfokus pada budidaya pertanian indoor, dan Program Studi Agribisnis mengirim 2 mahasiswa yang berfokus pada pendampingan pembuatan bisnis plan. KKN-T sendiri dimulai bulan ini dan setiap kelompok didampingi oleh dua dosen pembimbing.

“karena mahasiswa masih UAS maka untuk memulai hari ini sampai januari mereka tetap melakukan persiapan, mereka akan bergantian melakukan proses orientasi lapang di gapoktan dan melakukan identifikasi data yang diperlukan untuk program kerja masing-masing kelompok. Insyaallah mereka akan full mulai awal januari sampai kurang lebih lima bulan kedepan. Setiap tim punya dosen pembimbing, jadi setiap tim didampingi 2 dosen pendamping.” Ungkapnya.

Ketua Program Studi Agribisnis sekaligus pendamping kegiatan KKN-T, Ninin Khoirunisa, SP., MP menjelaskan KKN-T merupakan implementasi dari program MBKM. Berbeda dengan program KKN reguler, KKN-T mengharuskan mahasiswa menjalani kegiatan KKN selama minimal 6 bulan. Dan dari kegiatan tersebut nantinya akan dikonversikan menjadi 20 SKS. Walaupun pelaksanaannya diinisiasi dari fakultas tetapi program KKN-T ini juga tidak lepas dari pantauan LPPM.

“KKNT merupakan inplementasi dari peraturan mengenai MBKM, kalau KKN Reguler yang mana mereka hanya tematik dan maksimal adalah satu bulan dan kalau ini merupakan implementasi MBKM yang mana mahasiswa kita harus pergi keluar itu minimal 6 bulan yang nanti akan dikonversi menjadi 20 sks. pemberangkatan mahasiswa ini juga tidak lepas dari pantauan LPPM kita juga akan melaporkan nama-nama ini dan mereka tetap melakukan prosedur KRS, Registrasi, dan Pendaftaran yang KKN Reguler hanya saja pelaksanaannya mereka itu ikut dalam fakukltas.” Ungkapnya,

Rizki menambahkan dengan terjalinnya kerjasama dengan Gapoktan Beji Makmur Kota Batu dapat menjadi energi baru dan juga wawasan baru bagi kedua belah pihak. Beliau juga berharap kerjasama tidak berhenti sampai KKN-T saja tetapi berlanjut di kegiatan lain, misalnya Tri Dharma Perguruan Tinggi, dll.

“Dengan gapoktan sebagai skateholder kita yang nanti akan berkelanjutan bukan hanya KKNT saja tetapi nanti mungkin ada tridharma dosen dll kita bisa kerjasama dengan gapoktan.” tutupnya.

Turut hadir dalam acara penandatanganan MoU dari Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) kota batu, Ketua Gapoktan Kota Batu, dan beberapa poktan yang turut hadir dalam acara tersebut. (HUMAS)

 

21 Dec 2021

FAKULTAS PERTANIAN UNITRI TERIMA KUNJUNGAN UNIRA MALANG, DEKAN SEPAKAT JALIN KERJASAMA IMPLEMENTASI MBKM

MALANG – Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menerima kunjungan Dekan, Kepala Program Studi dan dosen dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA), Senin (20/12). Kunjungan tersebut dalam rangka diskusi dan penjajakan Kerjasama untuk implementasi program MBKM.

Salah satu tujuan kegiatan MBKM dalam hal ini juga berkaitan dengan merekonstruksikan kurikulum sesuai dengan aturan yang berlaku. Fakultas Pertanian juga mulai berkolaborasi dengan Universitas lain serta terus menjalin Kerjasama dengan seluruh pihak, tak terkecuali dengan Universitas Raden Rahmat (UNIRA).

Hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian UNITRI, Dr. Ir. Amir Hamzah, MP

“Intinya sekarang kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri tetapi bagaimana kita berkolaborasi, kalau ada yang ingin menjalin Kerjasama, kami sangat menyambut baik hal tersebut.”

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNIRA Malang, Dr. Mojibur Rohman, M.Pd dalam sambutannya juga berterima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Fakultas Pertanian yang telah menerima silaturahmi UNIRA. Beliau berharap, pertemuan tersebut dapat membuahkan hasil terkait program Kerjasama yang akan dijalin ke depan dengan Fakultas Pertanian UNITRI.

“Mudah-mudahan diskusi ini membuka mata kami bahwa kami perlu banyak belajar dari teman-teman yang telah berpengalaman dan menindaklanjuti terkait rencana Kerjasama MBKM ini memang kami sedang menyusun kurikulum maupun pedomannya. ”

UNIRA Malang berharap, untuk tindaklanjut MBKM, Fakultas Sains dan Teknologi dapat mengirimkan mahasiswanya ke Fakultas Pertanian UNITRI Malang serta dapat bekerjasama di berbagai bidang terutama di dalam tri dharma perguruan tinggi seperti kolaborasi penelitian maupun project dan kegiatan lainnya. Salah satunya, program studi agroteknologi UNIRA tengah mengembangkan vertical garden dengan memanfaatkan keterbatasan lahan di fakultas yang dikomandoi oleh prodi. Selain itu, mereka juga tengah merintis pengelolaan jurnal ilmiah yang basicnya di program studi agroteknologi yang mungkin dapat dikembangkan dari program Kerjasama MBKM sehingga kedua universitas dapat saling berkolaborasi karya.

Seperti diketahui, dalam kunjungan tersebut, Tim UNITRI yang hadir diantaranya Dekan, Wakil Dekan, seluruh Kaprodi di Fakultas Pertanian UNITRI, dan GJM. (HUMAS)

 

13 Dec 2021

HADIR DALAM KONGRES III APTS-IPI, DEKAN FAKULTAS PERTANIAN UNITRI SIAP BERSINERGI ANTAR PTS

MALANG- Dekan Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, Dr. Amir Hamzah menghadiri undangan dari Universitas Muhammadiyah Mataram dalam rangka Kegiatan Kongres kongres ke-III Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Ilmu Pertanian Indonesia (APTS-IPI) tahun 2020 dan 2021 serta seminar nasional yang digelar Senin-Selasa, (06-07/12). Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 157 perwakilan anggota APTSIPI hadir, tak terkecuali Fakultas Pertanian.

Hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Amir Hamzah, MP.

“Kemarin ada 2 kegiatan yakni pertama adalah kongres APTS-IPI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Illmu Pertanian Indonesia) dimana organisasi itu terdiri dari dekan-dekan ilmu pertanian seluruh indonesia yang jumlahnya 157. Lalu sesuai amanah, Universitas Muhammadiyah Mataram sebagai tuan rumah dalam kongres tersebut sekaligus seminar nasional.”

Mengambil grand tema ‘Peran Perguruan Tinggi Swasta Pertanian dalam menyediakan Sumber Daya Manusia, Unggul dan Kompetitif melalui Pengembangan Food Estate dan Agrowisata menuju Ketahanan Pangan’, seminar nasional tersebut menghadirkan Harvick Hasnul Qolbi (Wakil Menteri Pertanian), Dr H Zulkiefirmansyah (Gubernus Nusa Tenggara Barat), dan Dr. Ir. David Hermawan, MP (Ketua APTS-IPI). Dengan adanya keynote speaker ini, dekan-dekan dapat berdiskusi dan bertukar pendapat berkaitan dengan pelaksanaan MBKM dan lain sebagainya.

“Jadi 2 hari disana kami sempat berdiskusi dengan Gubernur Dan Walikota. Kita akan pastikan seluruh MBKM berjalan secara baik di Perguruan tinggi. Sementara tujuan wadah ini di bentuk adalah saling melengkapi, jadi perguruan tinggi yang masih di bawah itu bisa kita angkat ke atas.”

Sementara untuk kegiatan kongres ke-III APTS-IPI tersebut, terdapat lima kandidat yang diusulkan oleh seluruh perwakilan anggota di Indonesia selama Pra-kongres yang dilaksanakan 1 November 2021 lalu secara online. Salah satunya yakni dari UNITRI.

“Ada beberapa yang diusulkan yakni dari Universitas Surya Kirana Cianjur, UNISMA, dari UNITRI sendiri, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, hingga STIP Graha Kencana dari Bengkulu.”

Sebagai anggota yang aktif dalam kegiatan APTS-IPI, UNITRI selalu diberikan tempat dan diperhitungkan. Hal ini mengingat UNITRI juga telah berada dalam kepengurusan selama 2 periode dan masih tetap dipercaya hingga saat ini. Bagi UNITRI, sinergi antara perguruan tinggi merupakan hal yang sangat penting.

“Intinya kita bersinergi antar perguruan tinggi supaya kita bisa maju bersama-sama. Kita bisa berdiskusi yang nantinya melakukan rencana kerjasama seperti yang sudah kita lakukan kemarin yakni ada 2 universitas yang sudah melakukan MoU dengan kita. Salah satunya adalah dengan Universitas Muhamadiah Mataram sehingga itu memudahkan kita untuk kegiatan MBKM kedepan.” Tutupnya (HUMAS)